Mengatasi stres karena tugas menumpuk

Mengatasi stres karena tugas menumpuk

  Banyaknya pekerjaan atau menumpuknya tugas dapat menyebabkan stres yang tidak boleh dianggap sepele. Karena stres seseorang tidak dapat berkonsentrasi penuh sehingga menyebabkan beberapa tugas menjadi terbengkalai dan banyaknya kesalahan yang dilakukan.  

     Masalah stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah serius terhadap kesehatan. Misalnya saja stres dapat menimbulkan menurunnya nafsu makan, sakit kepala,insomnia, penyakit jantung, depresi ataupun tekanan darah yang tinggi. Sekolah dan kuliah bagi sebagian kampus di seluruh Indonesia mayoritas melaksanakan pembelajaran online.

   Karenanya jam mata pelajaran dari pagi hingga sore disampaikan sepenuhnya melalui zoom meeting dan aplikasi Google Classroom.Selain membosankan dengan tugas yang menumpuk setiap harinya. Aktivitas belajar online kadang bikin stres gak karuan. Agar tetap enjoy pembelajaran online dan terhindar dari stres akibat tugas yang menumpuk.




Karena itu adalah salah satu cara untuk dapat mencegah atau mengatasi masalah stres yang berkepanjangan. Cara sederhana untuk mengatasinya yaitu:

      1. Me Time

     Usahakan memberikan waktu untuk diri sendiri. Cobalah istirahat yang cukup ketika kamu ada waktu me time agar tubuhmu menjadi segar dan dapat mengerjakan tugas yang menumpuk. 

     Ketika istirahat tiba keluarlah dari kantor untuk membeli makanan di luar sana yang dapat meningkatkan staminamu, dan melupakan pekerjaan sejenak sehingga pikiranmu menjadi jauh lebih segar.

     2. Diskusi 

     Jika pekerjaan ataupun tugas yang dikerjakan terasa berat, maka bicarakanlah dengan kerjamu ataupun atasanmu siapa tahu tugas tersebut terasa jadi ringan. 

      Manfaatkan waktu tersebut untuk menyampaikan masalah tugas ataupun keluh kesahmu karena kamu tidak mampu untuk menanggung tugas tersebut dan meminta solusi  terbaik terkait tugasmu sehingga kamu dapat merasa lega

     3. Lakukan Peregangan Kecil

      Jangan terlalu lama duduk tetapi lakukanlah peregangan kecil seperti memutar-mutar lengan, ataupun menggerakkan pinggung dan punggung. 

     Olahraga kecil pun juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki ke luar kantor ketika istirahat tiba, karena ini dapat menyehatkan fisik dan membuat mental menjadi jauh lebih baik.



 

4. Lakukan Perencanaan

      Membuat rencana tidaklah buruk, karena hal ini justru memudahkanmu dalam menyelesaikan tugas mana yang lebih dulu dikerjakan sesuai dengan kemampuan dirimu. Maka kamu tidak perlu khawatir harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu.

    5. Hiburan 

      Carilah hiburan yang dapat membuatmu menjadi lebih baik lagi seperti melakukan kegiatan yang kamu sukai atau menonton sebuah video komedi yang dapat meringankan beban pikiranmu. Karena dengan melakukan hiburan yang kita senangi adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres.


  Sumber: https://www.kompasiana.com/image/huzaim/61f90a5e87000068be6b13c4/cara-menyegarkan-pikiran-ketika-stres-akibat-tugas-yang-menumpuk?page=1 (Nadya Ambarwanti,dari Smk Muhammadiyah Ulujami)