MENGENAL LAYANAN REFERENSI

MENGENAL LAYANAN REFERENSI

     Layanan referensi merupakan  bantuan untuk penggune perpustakaan agar dapat menemui informasi dengan menjawab soalan menggunaken koleksi referensi, serta beri bimbingan untuk menemui dan memakai koleksi referensi. 

     Layanan referensi bisa juga sebagai salah satu kegiatan utame  yang dilakuken di perpustakaan khususnya menyajiken koleksinya ke penggune. 

      Tujuan layanan referensi:

·          Penggune bisa sahaja menemui informasi secara cepat & tepat.

·          Penggune bisa sahaja mencari  informasi dengan lebih  luas.

·          Penggune bisa sahaja memakai koleksi referensi dengan lebih berguna.

   Adapun fungsi dari layanan referensi adalah :

·         Informasi,  yaitu menjawab soalan-soalan pengguna mengenai informasi.

·         Bimbingan,  yaitu membantu penggune menemuken buku-buku yang pas sesuai yang mereka cari.

·         Pengarahan,  yaitu mengarahken pengguna tentang cara memakai perpus maupun koleksi referensi lainnya.

·         Supervisi,  yaitu mengawasi agar tata kerja layanan menjadi rapi dan memudahken.

·         Bibliografi,  yaitu menyusun bibliografi / daftar publik untuk keperluan penggune maupun keperluan perpus .

·         Penilaian,  yaitu penilaian bahan / koleksi referensi agar berdaya gune maksimal.

    Sumber referensi yang sering digunaken yaitu,  kamus ke, ensiklopedia ke, direktori ke, buku panduan ke, statistik ke, indeks ke, bibliografi ke, dll.

    Layanan referensi berisi penjelasan kutipan utame di tulisan. Ditulisken sumber referensi dengan format: nama pengarang ke; tahun ke; judul artikel / buku ke; penerbit dan tempat terbit ke; dan halaman yang dikutip.

    Penunjang

      Untuk dapat mencapai tujuan dan fungsi, Unit Pelayanan Referensi di perpustakaan perlu ditunjang:

·         Petugas referensi yang cakap, dengan ketentuan seperti:  siap beri bantu ke penggune ; bersikap ramah dan berkebiasaan tekun; memiliki pengetahuan umum yang cukup luas.

·         Koleksi referensi yang memadai dan disajiken dalam rak terbuka agar mudah digapai.

·         Kerja sama perpustakaan, kerjasama baik dan saling menguntungken antar perpustakan dalam bidang layanan referensi.

·         Perlengkapan perpustakaan yang lengkap & tata ruang  nyaman untuk tempat belajar para pengguna perpus.

     Jenis Layanan Referensi


 Layanan akses referensi.

·         Layanan OPAC.

·         Layanan  karya ilmiah.

·         Layanan referensi digital.

·         Layanan  terbitan berkala.

    Layanan referensi sering sangat tak dimanfaatken secare maksimal oleh penggune. Jadi, upaya yang dilakuken dengan cara diadaken seminar ilmu pengetahuan tentang pustakawan yang mampu menguasai berbagai referensi.

 

    Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_referensi

Artikel berita dibuat oleh: Nadya Ambarwanti (Smk Muhammadiyah Ulujami)