Peran Perpustakaan Sekolah Bagi Pelajar

Tahap pertama proses pembelajaran, tahap dimana siswa mencari informasi dengan maksud menyerap dan mengumpulkan informasi, mengorganisasikan tubuh pengetahuan, menumbuhkan kapasitas pengalaman imajinatif, membantu pengembangan kemampuan bahasa dan daya pikir, dan menginstruksikan siswa untuk dapat menggunakan dan memelihara bahan, direpresentasikan dengan perpustakaan sebagai sumber belajar. Perpustakaan bekerja secara efektif dan menawarkan landasan untuk pembelajaran mandiri.

Perlu diingat bahwa kemampuan perpustakaan sekolah untuk mempengaruhi proses belajar mengajar sangat bergantung pada usaha siswa untuk memperoleh informasi melalui perpustakaan. Hal ini dikarenakan adanya hubungan timbal balik antara mahasiswa dengan perpustakaan: mahasiswa memiliki kebutuhan akan informasi dan informasi tersebut dapat diperoleh. dan disediakan oleh perpustakaan, serta perlunya perhatian sekolah untuk menyediakan perpustakaan sekolah dengan segala dukungan dan kerjasama yang diperlukan dengan guru untuk memotivasi siswa agar menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Anak akan menjadi mahir membaca dan menulis sinopsis langsung dari buku yang dibacanya dengan menggunakan pelajaran bahasa Indonesia dengan kegiatan Visit Library atau dengan memberikan tugas terstruktur yang datanya diperoleh dari buku referensi perpustakaan. menumbuhkan minat baca siswa agar dapat berfungsi sebagai individu yang senang menggunakan buku sebagai jendela dunia untuk mencari informasi.

Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya perpustakaan yang baik yang memiliki bahan yang cukup bagi siswa untuk mencari informasi, sesuai dengan kurikulum sekolah, dan membaca sesuai dengan selera pembacanya yaitu siswa di sekolah tersebut. Sesuai UU Perpustakaan No. UU Publik No. 43 Tahun 2007, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadi pertimbangan dalam memilih, mengolah, menyimpan, melayani, dan mengembangkan koleksi perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. ruang yang memadai untuk membaca dan menulis, dengan fasilitas komputer jika memungkinkan.

Selain itu, perpustakaan harus berada di tempat yang tenang jauh dari suara lain. Selain itu, ruang perpustakaan yang luas dengan tempat duduk baca yang nyaman dan pencahayaan yang cukup juga harus memadai. Buku-buku dipajang di rak buku secara teratur. Oleh karena itu, diperlukan pustakawan yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan yang kuat atau pelatihan di perpustakaan.

Dalam hal penyelenggaraan dan pengolahan koleksi cetak dan elektronik, pustakawan memiliki hak mandiri. Agar siswa merasa senang dan rajin berkunjung ke perpustakaan yang pada gilirannya akan meningkatkan minat bacanya, maka pustakawan juga harus menghargai sikap ramah dan luwes dalam memberikan pelayanan kepada pembaca dan memberikan informasi tentang koleksi perpustakaan dengan pelayanan yang prima. sehingga perpustakaan juga dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan yang mampu menjembatani proses transfer ilmu pengetahuan bagi siswa.

  • ยท         Beberapa manfaat khusus pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah sebagai berikut :


                1.       Berpotensi menumbuhkan kecintaan

2.       kesadaran dan kebiasaan membaca di kalangan siswa

3.       meningkatkan pengalaman belajar

4.       meningkatkan kebiasaan belajar mandiri yang pada akhirnya memungkinkan siswa untuk belajar sendiri

5.       untuk mempercepat proses penguasaan teknik membaca

6.       untuk membantu pengembangan keterampilan

7.       dengan menyediakan bahan bacaan berkualitas tinggi kepada siswa akan lebih mudah bagi guru, siswa, dan staf sekolah untuk menemukan sumber pengajaran.

Peran perpustakaan sekolah dalam proses belajar sepanjang hayat merupakan tujuan utamanya. Pendirian perpustakaan sekolah juga diharapkan dapat membantu upaya peningkatan minat baca dan peningkatan mutu pendidikan. Tumbuhnya minat baca siswa akan berpengaruh pada kemajuan sistem pendidikan Indonesia dan membantu negara mencapai tujuannya mencerdaskan masa depan bangsa. Untuk menciptakan program kerja yang memaksimalkan pelayanan, diperlukan kerjasama antara pemerintah, kepala sekolah, guru, pustakawan, dan komite sekolah. kepada masyarakat, agar perpustakaan sekolah dapat berperan dalam peningkatan mutu sistem pendidikan Indonesia dan membantu proses belajar mengajar.

( https://perpusda.bengkuluprov.go.id/2018/02/12/peranan-perpustakaan-sekolah-dalam-proses-belajar-mengajar/ )

Rahmah Yuni Hasanah ( SMK MUHAMMADIYAH ULUJAMI )