Peran Perpustakaan Sekolah Bagi Pelajar
Tahap pertama proses
pembelajaran, tahap dimana siswa mencari informasi dengan maksud menyerap dan
mengumpulkan informasi, mengorganisasikan tubuh pengetahuan, menumbuhkan
kapasitas pengalaman imajinatif, membantu pengembangan kemampuan bahasa dan
daya pikir, dan menginstruksikan siswa untuk dapat menggunakan dan memelihara
bahan, direpresentasikan dengan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Perpustakaan bekerja secara efektif dan menawarkan landasan untuk pembelajaran
mandiri.
Perlu diingat bahwa kemampuan
perpustakaan sekolah untuk mempengaruhi proses belajar mengajar sangat
bergantung pada usaha siswa untuk memperoleh informasi melalui perpustakaan.
Hal ini dikarenakan adanya hubungan timbal balik antara mahasiswa dengan
perpustakaan: mahasiswa memiliki kebutuhan akan informasi dan informasi
tersebut dapat diperoleh. dan disediakan oleh perpustakaan, serta perlunya perhatian
sekolah untuk menyediakan perpustakaan sekolah dengan segala dukungan dan
kerjasama yang diperlukan dengan guru untuk memotivasi siswa agar menggunakan
perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.
Anak akan menjadi mahir membaca
dan menulis sinopsis langsung dari buku yang dibacanya dengan menggunakan
pelajaran bahasa Indonesia dengan kegiatan Visit Library atau dengan
memberikan tugas terstruktur yang datanya diperoleh dari buku referensi
perpustakaan. menumbuhkan minat baca siswa agar dapat berfungsi sebagai
individu yang senang menggunakan buku sebagai jendela dunia untuk mencari
informasi.
Untuk mendukung hal tersebut,
perlu adanya perpustakaan yang baik yang memiliki bahan yang cukup bagi siswa
untuk mencari informasi, sesuai dengan kurikulum sekolah, dan membaca sesuai
dengan selera pembacanya yaitu siswa di sekolah tersebut. Sesuai UU
Perpustakaan No. UU Publik No. 43 Tahun 2007, kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi menjadi pertimbangan dalam memilih, mengolah, menyimpan, melayani,
dan mengembangkan koleksi perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
ruang yang memadai untuk membaca dan menulis, dengan fasilitas komputer jika
memungkinkan.
Selain itu, perpustakaan harus
berada di tempat yang tenang jauh dari suara lain. Selain itu, ruang perpustakaan
yang luas dengan tempat duduk baca yang nyaman dan pencahayaan yang cukup juga
harus memadai. Buku-buku dipajang di rak buku secara teratur. Oleh karena itu,
diperlukan pustakawan yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan
yang kuat atau pelatihan di perpustakaan.
Dalam hal penyelenggaraan dan
pengolahan koleksi cetak dan elektronik, pustakawan memiliki hak mandiri. Agar
siswa merasa senang dan rajin berkunjung ke perpustakaan yang pada gilirannya
akan meningkatkan minat bacanya, maka pustakawan juga harus menghargai sikap
ramah dan luwes dalam memberikan pelayanan kepada pembaca dan memberikan
informasi tentang koleksi perpustakaan dengan pelayanan yang prima. sehingga
perpustakaan juga dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan yang mampu
menjembatani proses transfer ilmu pengetahuan bagi siswa.
- ยท
Beberapa manfaat khusus pemanfaatan perpustakaan
sekolah adalah sebagai berikut :
1.
Berpotensi menumbuhkan kecintaan
2.
kesadaran dan kebiasaan membaca di kalangan
siswa
3.
meningkatkan pengalaman belajar
4.
meningkatkan kebiasaan belajar mandiri yang pada
akhirnya memungkinkan siswa untuk belajar sendiri
5.
untuk mempercepat proses penguasaan teknik
membaca
6.
untuk membantu pengembangan keterampilan
7.
dengan menyediakan bahan bacaan berkualitas tinggi
kepada siswa akan lebih mudah bagi guru, siswa, dan staf sekolah untuk
menemukan sumber pengajaran.
Peran perpustakaan sekolah dalam
proses belajar sepanjang hayat merupakan tujuan utamanya. Pendirian
perpustakaan sekolah juga diharapkan dapat membantu upaya peningkatan minat
baca dan peningkatan mutu pendidikan. Tumbuhnya minat baca siswa akan
berpengaruh pada kemajuan sistem pendidikan Indonesia dan membantu negara
mencapai tujuannya mencerdaskan masa depan bangsa. Untuk menciptakan program
kerja yang memaksimalkan pelayanan, diperlukan kerjasama antara pemerintah,
kepala sekolah, guru, pustakawan, dan komite sekolah. kepada masyarakat, agar
perpustakaan sekolah dapat berperan dalam peningkatan mutu sistem pendidikan
Indonesia dan membantu proses belajar mengajar.
Rahmah Yuni Hasanah ( SMK
MUHAMMADIYAH ULUJAMI )