Apa Saja Promosi Perpustakaan
Tujuan utama promosi perpustakaan adalah untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau layanan perpustakaan dan membujuk mereka untuk menanggapinya. Ini pada dasarnya adalah sebuah forum untuk pertukaran informasi antara bisnis dan konsumen.
Ø Berikut adalah tujuan promosi perpustakaan:
1. mendemonstrasikan fitur-fitur perpustakaan kepada komunitas pengguna
2. menumbuhkan minat membaca dan mendorong pemustaka untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan secara maksimal.
3. mempromosikan penawaran perpustakaan kepada masyarakat umum.
4. Untuk menarik perhatian orang
5. Kepentingan individu atau nasabah
6. Ciptakan kesan dikenal juga dengan cara membuat pelanggan menyukai produk kita
7. kesan pertama yang baik dan penampilan yang menarik akan dapat membangkitkan minat seseorang untuk mempelajari lebih lanjut dan memanfaatkan produk yang ditawarkan
8. Dapatkan tanggapan diharapkan akan muncul respon dari hasil promosi, dalam hal ini respon yang positif.
9. mempengaruhi informasi
10. mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang
11. meyakinkan orang lain untuk menerima gagasan tersebut
12. Layanan
13. memperkenalkan ide atau produk yang dipromosikan
Menurut Tjiptono, tujuan utama promosi perpustakaan adalah untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk serta meningatkan pelanggan sasaran tentang perpustakaan dan bauran pemasarannya. Hasil dari promosi adalah tumbuhnya kesadaran untuk memanfaatkannya. Singkatnya, promosi adalah proses membuat orang belajar tentang, memahami, dan menggunakan perpustakaan tertentu sebelum mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan di sana.
Strategi promosi sangat membantu untuk mencapai tujuan jangka pendek. Strategi pemasaran diperlukan untuk mencapai tujuan ini. kamu dapat menggunakan strategi berikut untuk promosi :
1. Menggunakan ilmu komunikasi dalam semua kegiatan promosi
Diperlukan kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna, lingkungan, fasilitas, dan bahan pustaka yang ada. Kemampuan berkomunikasi, wawasan yang luas, dan integritas yang tinggi dapat menunjukkan sejumlah sikap komunikasi.
2. Membangun aliansi dengan organisasi lain
Karena tidak ada perpustakaan yang dapat secara efektif memenuhi semua kebutuhan pemustakanya, maka penting untuk membina kerjasama, khususnya di bidang layanan promosi. Kolaborasi dapat terjadi secara tidak sengaja atau dalam kegiatan sehari-hari.
3. Rencanakan kampanye iklan yang meliputi
Menyiapkan rencana kerja, menetapkan tujuan dan prioritas, serta menentukan prosedur dan tindakan.
( https://dispusip.pekanbaru.go.id/strategi-promosi-perpustakaan/ )
Rahmah Yuni Hasanah ( SMK MUHAMMADIYAH ULUJAMI )