Menjadi Pustakawan Milenial
Generasi milenial saat ini
dikenal sebagai generasi paling populer. William Strauss dan Neil pertama kali
menciptakan istilah `milenial’ dalam buku mereka tahun 2000 `Millennials
Rising The Greatest Generation to Come’ Istilah ini pertama kali
muncul pada tahun 1987, ketika anak-anak kelahiran tahun 1982 mulai masuk
prasekolah. Ketika mereka lulus SMA pada tahun 2000, mereka disebut sebagai
grup yang terkait dengan milenium baru.
Di negeri Paman Sam, berbagai
media cetak mulai mengenal dan mempopulerkan istilah `Generasi Y’ bagi generasi
milenial pada Agustus 1993.
Generasi Y sangat pragmatis dalam
mencari solusi masalah, sangat menghargai perbedaan, dan lebih memilih untuk
berkolaborasi daripada mengikuti perintah. Pandangan positif, fokus pada
pencapaian, kepercayaan diri, kepercayaan pada nilai-nilai sosial dan moral.
Generasi Y ditandai dengan mampu
mengikuti kemajuan teknologi, lebih terbuka terhadap pandangan politik dan
ekonomi, sangat tanggap terhadap perubahan lingkungan, memiliki pola komunikasi
yang sangat terbuka, menjadi pengguna media sosial yang fanatik, dan mampu mengikuti
perkembangan teknologi, dan lebih peduli tentang kekayaan mereka.
Menu layanan perpustakaan apa
yang tersedia untuk generasi postmillennial? Apakah ensiklopedia cetak, indeks,
bibliografi, dan abstrak akan tersedia untuk generasi ini oleh pustakawan?
Secara alami, kecil kemungkinan mereka akan menikmati menu pustakawan model
ini.
Menu pencarian informasi internet
yang lebih cepat, lengkap, dan langsung menjawab konten yang dicari, tentu akan
disukai oleh generasi ini. Google adalah ensiklopedia terlengkap di dunia,
memungkinkan pengguna mencari konten teks, audio, atau video.
Apakah pustakawan akan memimpin
generasi ini ke arah kabinet katalog dengan katalog subjek, penulis, dan judul?
Sama sekali tidak! Tradisionalis dan Generasi Baby Boom yang tidak
terbiasa menggunakan teknologi hanya akan mendapat manfaat dari katalog cetak.
Katalog online (OPAC) yang dapat diakses oleh komputer atau gadget melalui intranet
atau internet akan membuat pustakawan lebih nyaman mengajak mereka untuk
menelusurinya. Karena kebutuhan mendesak ini, perpustakaan harus menerbitkan
katalog online di situs web sehingga siapa pun dapat mengaksesnya kapan saja.
Apakah perpustakaan digital akan
tersedia untuk generasi Z dan Alpha oleh pustakawan? Tentu saja! Namun, itu
bukan perpustakaan digital yang mematuhi standar perpustakaan cetak
konvensional. Menggunakan aturan layanan buku cetak untuk buku digital itu aneh
tapi benar. Mendobrak batas adalah ciri era digital. Secara alami, tampak aneh
bahwa pengguna hanya dapat meminjam atau membaca dua judul dari perpustakaan
digital, yang membatasi layanan untuk mereka. Lebih aneh lagi adalah situasi di
mana buku digital tidak dapat diakses karena pengguna lain telah meminjamnya.
Buku digital `rasa buku cetak’ adalah apa adanya.
Perpustakaan digital yang
menentang model layanan perpustakaan konvensional dikenal sebagai perpustakaan
digital untuk generasi Z dan Alpha. Google adalah ilustrasi perpustakaan
digital yang melampaui batas untuk menjadi hiburan bagi postmillennials. Ini
mengajarkan pustakawan dan semua orang yang bekerja di perpustakaan bahwa
tujuan perpustakaan digital bukan untuk membangun batasan, melainkan untuk
mendobraknya.
Bagaimana dengan menu buku cetak
yang akan diterima oleh generasi pascamilenial ini? Apakah tidak ada kesempatan
untuk dicintai oleh orang yang lahir setelah milenium? Kemungkinan tetap ada
asalkan pustakawan melakukan promosi yang terorganisir dengan baik, metodis,
dan meluas dengan dukungan nyata dari pejabat struktur perpustakaan. Saat
membuat resensi buku untuk koleksi perpustakaan, pustakawan harus rajin tidak
abstrak. Generasi pasca-milenial akan tertarik dengan temuan kajian ini jika
disebarluaskan di media sosial dan diunggah ke website perpustakaan.
Internet dan buku digital
melengkapi menu sajian wajib yang mencakup buku cetak di perpustakaan. Tujuan
menu pelengkap bukan untuk menggantikan menu wajib. Generasi pasca-milenial
kurang memiliki kedalaman pemikiran dan pemikiran instan. Mereka juga menemukan
informasi dengan cepat. Pemikiran yang mendalam dapat diasah dengan membaca
buku cetak.
Meskipun internet menawarkan
kesenangan dan kemudahan, itu juga menghalangi pemikiran yang mendalam. Membaca
buku cetak membantu kita berkonsentrasi dan mendorong pemikiran kreatif dan
mendalam. Internet, di sisi lain, membuat pikiran kita mudah teralihkan karena
memaksa kita untuk mengonsumsi informasi secara cepat, instan, dan masif. Kita
kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi, berefleksi, dan berpikir secara mendalam
karena terbiasa membaca informasi secara cepat dan cepat.
Pemegang buku tergila-gila
membaca, bukan hanya tergila-gila membuat orang membaca, seperti yang
ditunjukkan oleh resensi buku yang ditulis oleh pustakawan. Apakah itu tidak
benar?
(https://rembuk.republika.co.id/posts/171322/perpustakaan-pustakawan-dan-generasi-pascamileni)
Rahmah Yuni Hasanah ( SMK
MUHAMMADIYAH ULUJAMI )