Mengenal marketing informasi
Sistem informasi pemasaran juga menyediakan
informasi untuk aktivitas terkait pemasaran seperti penjualan, promosi
penjualan, riset pasar, dan lain-lain.
Sebaliknya, sistem informasi
pemasaran, seperti yang didefinisikan oleh Philip Kotler, adalah kumpulan
terstruktur, analisis, dan penyajian informasi yang dimaksudkan untuk digunakan
dalam keputusan pemasaran.
Sistem informasi pemasaran (SIP) juga
dapat diartikan seperangkat prosedur dan metode yang dirancang untuk
menghasilkan, menganalisis, menyebarluaskan, dan menyimpan informasi keputusan
pemasaran yang diantisipasi atau sistem yang terus mengumpulkan informasi
pemasaran dari sumber di dalam dan di luar organisasi. biasanya, sepanjang
waktu. Beberapa aspek pemasaran dapat memperoleh manfaat dari penggunaan sistem
informasi secara operasional, manajerial, dan strategis. Keputusan mengenai
pengembangan atau peningkatan produk, penetapan harga, pengemasan, distribusi,
pemilihan media, dan promosi didasarkan pada informasi pemasaran yang tepat
waktu.
Sistem Informasi Pemasaran (SIP)
juga digambarkan sebagai sistem yang menganalisis dan mengevaluasi informasi
pemasaran, yang dikumpulkan secara terus menerus dari sumber di dalam dan di
luar organisasi atau toko, menurut kamus
bisnis online.
·
TUJUAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Secara umum, tujuan dari sistem
informasi pemasaran adalah sebagai berikut:
Memberikan informasi baik
mengenai keadaan internal (sumber daya perusahaan) maupun keadaan eksternal,
seperti Tujuan manajemen pemasaran meliputi perilaku konsumen, persaingan,
saluran distribusi, kebijakan publik, dan lain-lain.
Memberikan informasi yang
digunakan untuk perencanaan, penetapan tujuan, strategi, program, pengendalian,
evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan.
Memberikan informasi pengambilan
keputusan.
·
Manfaat Sistem Informasi Pemasaran
1.
Mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan Sistem
informasi pemasaran memproses data pemasaran sehingga bisnis dapat menentukan
produk atau layanan apa yang disukai atau tidak disukai pelanggan dan apa yang
dibutuhkan pelanggan untuk produk atau layanan tersebut. Manajer dan pimpinan
dapat menggunakan sistem informasi pemasaran yang akurat sebagai acuan dalam
memutuskan bagaimana memproduksi atau menyediakan barang atau jasa yang
memenuhi kebutuhan pelanggan.
2.
Perencanaan strategis dapat dibuat lebih efisien
dan efektif dengan bantuan informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi
pemasaran, yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.
3.
Mengenali saingan yang menjadi ancaman bagi
bisnis Menggunakan data yang dikumpulkan dari sistem informasi pemasaran,
masalah dengan saingan yang menjadi ancaman bagi pertumbuhan perusahaan atau
bisnis dapat diidentifikasi dan diprediksi. Informasi yang dihasilkan juga
dapat digunakan untuk menentukan keunggulan kompetitif perusahaan atau bisnis,
seperti harga yang lebih murah atau diferensiasi produk yang lebih luas,
sehingga dapat mengatasi saingan yang akan menghambat pertumbuhan perusahaan
atau bisnis.
4.
untuk menemukan solusi untuk masalah pemasaran
perusahaan dan menerapkan kebijakan strategis terkait pemasaran.
Sederhananya, sistem informasi
pemasaran adalah sistem yang dirancang untuk memproses informasi untuk
mendukung upaya pemasaran dan penjualan bisnis.
Siklus sistem informasi pemasaran
perusahaan harus terus dikembangkan agar manajemen dapat mengontrol dan
mengevaluasi sistem dengan lebih mudah.
( https://www.harmony.co.id/blog/sistem-informasi-pemasaran-apa-itu-fungsi-dan-jenisnya
)
Rahmah Yuni Hasanah ( SMK
MUHAMMADIYAH ULUJAMI )